Prosedur Pelaporan Pajak Online Melalui E-filing

E-filing merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk pelaporan SPT atau pemberitahuan pajak secara online oleh pribadi ataupun badan usaha. Keberadaan aplikasi ini diprakarsai oleh Application Service Provider dan disahkan oleh Dirjen Pajak. Inovasi cara laporan pajak online menggunakan aplikasi ini muncul untuk memenuhi permintaan para pengguna layanan pajak agar lebih mudah dan praktis saat melakukan pelaporan.


Keuntungan menggunakan aplikasi ini tidak hanya karena kemudahannya, tapi juga memiliki tingkat perlindungan yang sangat aman terhadap transaksi pajak yang dilakukan. Hal ini karena adanya EFIN atau nomor identitas elektronik yang menggunakan sistem rahasia. Teknik konfirmasi yang dilakukan juga tidak menggunakan tanda tangan, tetapi melalui kode verifikasi yang wajib dimasukkan ketika transaksi pajak atau pelaporan berlangsung.

Membuat EFIN 
Hal pertama yang perlu dilakukan apabila Anda ingin melapor pajak lewat aplikasi e-filing adalah dengan membuat akun. Perlu diketahui apabila akun hanya bisa dibuat apabila sudah memiliki EFIN atau nomor identitas pajak online. Di sana Anda akan menemukan formulir yang bisa diunduh lalu isi sesuai dengan data yang diminta. Pastikan pengisian dilakukan secara hati-hati sesuai dengan data asli yang dimiliki.

Jika sudah mengisinya dengan lengkap, harus mengajukan aktivasi EFIN dengan datang langsung ke kantor KPP terdekat. Persyaratan yang dibawa ketika melakukan pengajuan adalah KTP asli dan fotokopinya serta NPWP asli dan fotokopinya. Proses pembuatan EFIN tidak membutuhkan waktu yang lama karena hanya membutuhkan beberapa menit saja. Nantinya petugas akan memberikan nomor EFIN melalui kertas kepada Anda.

Registrasi Akun di E-filing DJP
Cara laporan pajak online selanjutnya adalah dengan registrasi akun di E-filing DJP. Caranya adalah dengan mengunjungi website resmi Dirjen Pajak dan pilih menu “Belum Registrasi”. Nantinya, Anda akan diminta untuk mengisi secara lengkap NPWP, EFIN, dan kode verifikasi yang telah dikirimkan. Setelah itu langsung saja klik pilihan “Submit” dan tunggu notifikasi di email Anda untuk proses pengaktifan akun.

Lapor Pajak
Langkah terakhir dari proses pelaporan pajak adalah dengan mengisi laporan tersebut secara online. Anda juga akan diminta untuk membuat SPT secara online melalui website resmi DJP di internet. Lakukan login menggunakan akun yang telah Anda buat sebelumnya lalu isilah bagian NPWP, kode verifikasi, dan password. Setelah itu, langsung lakukan pelaporan pajak dengan klik “Daftar SPT” lalu “Buat SPT”.

Cara laporan pajak online memang paling mudah menggunakan aplikasi E-filing, sebab selain menghemat waktu Anda juga tidak perlu ribet ataupun repot mengurusinya. Selain aplikasi tersebut, aplikasi buku kas juga sangat direkomendasikan untuk mengatur masalah keuangan Anda agar lebih terstruktur. Terdapat fitur pencatatan berbagai transaksi yang sifatnya sangat aman dan cocok digunakan bagi para pebisnis. Tidak hanya itu, BukuKas juga menyediakan fitur lapor pajak yang akan mengingatkan Anda sehingga risiko lupa lapor  juga semakin kecil. Jadi, agar urusan keuangan usaha semakin lancar pastikan menggunakan BukuKas yang sudah terkenal praktis dan akurat.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda