Tips Memilih Sepatu Sekolah Anak yang Tepat

Memilih sepatu sekolah anak tidak hanya yang sesuai dengan peraturan sekolah saja. Melainkan harus sesuai dengan apa yang disukai anak dan nyaman dipakai, karena sepatu sekolah dikenakan anak hampir setiap hari dengan waktu yang cukup lama. Jadi, pastikan anak mengenakan sepatu yang tepat baik untuk kenyamanan kakinya tapi tetap mematuhi aturan sekolah dan ini dia tips memilihnya.


1. Sepatu dengan Sol yang Tebal
Sepatu yang memiliki tipe sejenis flatshoes memang tampak cantik untuk jika dipakai anak perempuan. Namun, sepatu jenis ini tidak direkomendasikan untuk dijadikan sepatu sekolah karena hanya memiliki sol yang tipis. Berbeda dengan sepatu pantofel yang memiliki sol lebih tebal membuat anak menjadi lebih nyaman dalam melakukan seluruh aktivitas di sekolah.

Kalau untuk anak laki-laki Anda juga cocok sol yang tipe tebal dengan model yang bergerigi agar anak tidak mudah terpeleset saat melakukan berbagai aktivitas, sehingga anak tidak dibatasi aktivitasnya.

2. Ukuran Sepatu dengan Kaki yang Tepat
Pastikan sepatu yang digunakan anak Anda memiliki ukuran sepatu yang pas dengan kakinya. Anda harus mengukur kaki kanan dan kaki kiri anak Anda secara cermat, karena ukuran dari masing-masing kaki bisa berbeda. Biasanya yang harus diperhatikan pada kaki anak tersebut dalam memilih ukuran adalah lebar dan panjang kaki si anak.

Hal ini perlu diperhatikan karena tidak banyak sepatu yang memiliki panjang yang sesuai dengan kaki anak, tetapi sepatu tersebut masih sempit atau kurang lebar ketika digunakan. Jika sepatu yang dipakai si anak tidak dengan ukuran yang seharusnya, maka anak tidak akan merasa nyaman ketika mengenakan.

3. Memperhatikan Fitur Sepatu
Fitur yang dimaksudkan adalah seperti tali, gesper, perekat velcro, dan juga resleting. Anda bisa memilih sepatu dari masing-masing fitur tersebut sesuai dengan bisa atau tidaknya si anak mengenakan. Jika memang anak Anda sudah bisa mengikat tali sepatu, alangkah baiknya Anda memberikannya sepatu bertali. Karena sebenarnya sepatu bertali lebih bagus dan cocok untuk dijadikan sepatu sekolah.

Tapi, jika anak Anda masih belum bisa mengikat tali sepatu, maka Anda bisa memberinya sepatu dengan perekat velcro lebih simpel dan mudah dikenakan. Jadi sangat banyak pilihan tipe sepatu yang bisa dijadikan sepatu sekolah untuk anak.

4. Pilihlah yang Ringan dan Tidak Kaku
Walaupun sepatu yang harus Anda pilih harus ringan dan tidak kaku, Anda harus tetap memastikan bahwa sepatu tersebut kuat atau awet digunakan. Jika sepatu yang digunakan anak tergolong sepatu yang kaku dan berat maka anak tidak bebas berlarian ketika istirahat atau aktivitas lainnya.

Selain itu, jika sepatu yang digunakan kaku maka akan cepat rusak dan pecah pada bagian-bagian tertentu seperti bagian yang biasanya tertekuk ketika dibuat jalan atau berlari.

5. Membeli Sepatu saat Malam Hari
Sebenarnya, masih tidak banyak orang yang mengetahui akan hal ini. Alasan waktu yang tepat dalam membeli sepatu pada malam hari adalah karena kaki anak ketika malam hari akan sedikit membesar setelah melakukan banyak aktivitas seharian. Jadi, Anda akan dengan mudah mendapatkan ukuran yang pas, tidak terlalu sempit tapi juga tidak terlalu besar.

Itulah beberapa cara memilih sepatu sekolah anak agar anak bisa melakukan semua aktivitas di sekolah dengan nyaman. Jika anak memakai sepatu yang tidak nyaman untuk kakinya, maka proses belajar dan aktivitasnya akan terganggu.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda