Waspada Aki Rekondisi, Ketahui Ciri-Cirinya Lewat Poin Berikut

Setiap hal yang sudah direkondisi tentu kualitasnya tidak prima lagi. Seperti halnya aki rekondisi yang sebenarnya sudah tidak layak pakai, namun masih dijual di pasaran. Tidak asing lagi, banyak oknum yang menjual aki bekas yang sudah diperbaiki sedemikian rupa hingga tampak baru lagi. Aksi ini tentu sangat merugikan konsumen. Agar tak tertipu, tandai kondisi aki lewat poin berikut.


1. Tempat Penjualan
Hal paling mendasar yang wajib diketahui tentang kondisi aki adalah tempat penjualannya. Produk yang dijual di tempat selain toko, di pinggir jalan, atau di tempat yang tidak resmi lainnya harus lebih diwaspadai. Umumnya, aki yang sudah direkondisi masuk secara bebas dan ditawarkan di lapak pinggir jalan. Beberapa toko kecil di pinggir jalan juga ada yang menawarkannya.

2. Kondisi Terminal Positif dan Negatif
Poin berikutnya yang menandakan kondisi aki adalah keadaan terminal positif dan negatifnya. Kondisi aki yang baru tentu saja masih mulus dan tanpa goresan, terutama di bagian terminal positif dan negatifnya. Lain halnya dengan aki bekas yang direkondisi yaitu sudah ada goresan di bagian terminal positif dan negatifnya.

3. Garansi
Mengenai garansi, produk yang sudah direkondisi tentu sudah tidak baru lagi. Karenanya, tidak ada garansi baru lagi dari pihak produsen. Itulah alasannya mengapa garansinya sudah tidak penuh lagi seperti barang yang masih baru.

Jika Anda menemukan aki dengan garansi tidak lama yaitu maksimal 3 bulan, maka produk tersebut perlu dicurigai. Pasalnya, aki yang masih baru mempunyai garansi sampai 1 tahun dan terhitung sejak pembelian.

4. Warna Aki
Berikutnya, warna aki juga sangat menentukan. Anda harus memeriksa warna aki ini. Perbedaan antara aki baru dan rekondisi adalah aki baru pasti masih jernih, berbeda dengan aki yang direkondisi yaitu tampak kusam.

5. Harga Jual
Harga jual merupakan komponen penentu seseorang membeli produk atau tidak. Dalam hal ini, aki yang sudah direkondisi tentu ditawarkan dengan harga lebih murah dibandingkan dengan aki baru. Akibatnya, tidak sedikit konsumen yang tergiur harga murah ini dan memilih membelinya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui harga pasarnya sesuai merek dan ukuran agar tidak tertipu.

Berbagai poin pertimbangan tersebut sangat berguna untuk membantu Anda mendapatkan aki terbaik. Alih-alih tertipu aki rekondisi, Anda justru dapat menemukan aki baru yang terbaik, sesuai dengan bujet.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda